Breaking News
recent

Mengenal Istilah Internet Protocol(IP) Dalam Komputer

Halo sobat,
Di postingan kali ini, saya akan sedikit sharing tentang istilah Internet Protocol(IP) yang mungkin diantara kalian ada yang belum atau pernah mendengar kata tersebut.
Di postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang jenis-jenis jaringan yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat. Nah, didalam perangkat-perangkat tersebut tentunya memiliki sebuah alamat IP.  Langsung saja kita bahas apa itu Internet Protocol(IP).


Penjelasan Internet Protocol(IP)



Internet Protocol(IP) adalah sebuah aturan atau standar yang digunakan untuk mengatur dan mengizinkan terjadinya hubungan antar komputer, komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih komputer. Komputer-komputer menjadi bisa saling berkomunikasi satu sama lain dan saling bertukar informasi karena adanya Internet Protocol(IP).  Setiap perangkat yang menggunakan jaringan pasti memiliki IP, dan IP itu bersifat numerik yang sering kita dengar dengan kata IP Address.

IP Address adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu perangkat seperti komputer,router, printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol sebagai sarana komunikasi.

Pada dasarnya IP Address merupakan suatu deretan angka biner yang disusun dengan kisaran antara 32 bit sampai dengan 128 bit dan digunakan sebagai alamat identifikasi pada masing-masing komputer. Dalam ilmu jaringan komputer penggunaan angka dengan 32 bit dipakai pada IP Address khusus IPv4 sedangkat untuk angka 128 bit untuk yang versi IPv6. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa klik link https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP

IP Address termasuk kedalam lapisan jaringan Network dalam OSI Layer. Apa itu OSI Layer? Saya akan membahas materi tentang OSI Layer di postingan berikutnya.

Fungsi IP Address


  1. Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan 
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan
         Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi dimana kita berada.

Kelas pada IP Address


  1. IP Address kelas A biasa digunakan pada sistem jaringan skala besar. Bit pertama diawali dengan angka 0. Untuk panjang Network ID adalah 1 oktet sedangkan Host ID 3 oktet. Jumlah Host pada kelas A mencapai 16.777.216
  2. IP Address kelas B biasanya lebih sering digunakan pada sistem jaringan skala besar dan menengah dengan daya tampung mencapai kurang lebih 65.536 host diseluruh dunia. Panjang Network ID pada kelas ini adalah 2 oktet sedangkan panjang Host ID 2 oktet.
  3. IP Address kelas C biasa digunakan pada sistem jaringan skala kecil dengan daya tampung hanya 256 host. Untuk panjang Network ID adalah 3 oktet sedangkan panjang Host ID 1 oktet.
  4. IP Address kelas D digunakan khusus untuk keperluan multicasting, dimana IP address (host) awal adalah 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255.
  5. IP Address kelas E dicadangkan hanya untuk keperluan eksperimental saja, dimana IP address (host) awal adalah 240.0.0.0 hingga 255.255.255.255.



Sekian penjelasan tentang istilah Internet Protocol(IP)
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.